Kenali Lebih Jauh Komputermu

Bismillah....
memang karena tuntutan tugas, tapi semoga bisa menjadi kebiasaan baik, karena menulis adalah berbagi ilmu :)
Jika minggu lalu postnya tentang hardware, kali ini lebih kepada software, bagian dalam atau program-program yang ada di komputer. ibarat mengenali manusia, kita harus kenal terlebih dahulu dari luarnya, atau informasi umum. tetapi untuk mengenal lebih jauh, kita pun harus mengenali hingga sifatnya. karena itu, mari kita mulai selami isi dari komputer kita :)
1. Kompresi File : ini dilakukan untuk memampatkan program, sehingga ukurannya tidak lagi terlalu besar. setidaknya, bisa menghemat memori atau mempercepat saat ingin dikirim kan? prosesnya, silakan pilih file yang ingin dicompressed-klik kanan-pilih send to-compressed. kurang lebih seperti ini :


2. Memprogram Software : Hal ini dilakukan jika kamu ingin memprogram file yang secara rutin kamu buka, maka program tersebut akan aktif tanpa harus kamu aktifkan terlebih dahulu. pemrograman bisa harian, mingguan, atau bahkan bulanan. caranya : Start-All Program-Accessories-Task Schedule-(Create Task-isi nama program yang diinginkan-pilih menu action-new-browse-klik program yang diinginkan-OK)-pilih menu triggers-new-check box-ganti waktu sesuai keinginan-OK. program tersebut akan aktif sesuai waktu yang kamu tentukan. 

3. Back Up : kalo program ini, digunakan untuk memback up atau membuat cadangan file yang kamu inginkan. jika sewaktu waktu kamu tidak sengaja mendelete atau uninstall, maka file tersebut dapat kamu restore kembali. asik kan? hehe. seperti ini caranya : Start-All Program-Accessories-System Tools-Back Up-pilih program atau file yang ingin kamu back up. 
4. Disk Difragmenter : ehm, kamu sering menginstall suatu program kan, kemudian di dalam folder program yang kamu install, sering kali tidak dipahami isinya, mau dihapus takut terjadi sesuatu dengan program itu. nah, ini cocok untuk mengaturnya. Disk Difragmenter ini dilakukan untuk mengelompokkan file berdasarkan jenisnya, dan tak perlu takut untuk kehilangan suatu program, karena komputer kamu cerdas sekali, mampu memilih file yang masih berguna, dan yang tidak. hebat kan? caranya seperti ini : Start-All Program-Accessories-System Tools-Disk Difragmenter-pilih file yang dituju. akan tampak warna pada OS windows XP, yang menunjukkan merah : hilang, biru : dkelompokkan, hijau : masih aman. jika tertulis 0% difragmented, berarti program itu belum pernah didifragmented. 

ehm, mungkin hanya itu sih yang bisa dishare. tetapi setidaknya, cukup menambah pengetahuan kita ya. kenali lebih dekat komputer kita, banyak hal-hal tersembunyi dan potensi yang bisa kita gali dari komputer kita. 
selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

Komentar